; .: SePEnGgAL Kis4H :.: Kata Mereka, tentang sahabat sejati.... ;
Ikuti Terus ya Jejak Petualangan KHEISYA!!!

Kamis, 09 Oktober 2008

Kata Mereka, tentang sahabat sejati....


Sahabat Sejati itu….


Memang sangat beragam seseorang dalam mendefinisikan apa arti sahabat sejati itu. Dalam beberapa hari yang lalu, sengaja kukirimkan sebuah pesan singkat yang berisi pertanyaan singkat tentang apa definisi makna sahabat sejati itu?. 2 kata yang cukup sederhana, tetapi harus memutar otak untuk dapat mencari sarat makna yang pas, …simak beberapa definisi yang terlontar dari berbagai sahabat….

Seorang kawan menuturkan :
“Orang lain boleh datang dan pergi dalam kehidupan kita tetapi sahabat sejati akan selalu dihati…” Bener memang orang lain kadang yang tidak istimewa sangat mudah untuk terlupakan dari ingatan kita, tetapi sebaliknya….

Dari kacamata seorang Ravenshka, beliau mempunyai definisi tersendiri tentang sahabat sejati:” Bahwa sahabat sejati adalah sahabat dunia ya akhirat” singkat memang, tetapi sungguh sangat dalam kalau kita renungkan. Bukan suatu hal yang mudah untuk menjadi teman dunia sekaligus akhrat. Subhanaalloh…

Berbeda dengan definisi yang dilontarkan oleh ukhti wiwin ini, beliau mempunyai definisi yang berbeda, sangat puitis memang. Beliau menuturkan dengan panjang di-smsnya kalau “sahabat sejati adalah orang yang selalu mendo’akan kebaikan untukmu setau/tidak dirimu, ia yang bisa menerimamu apa adanya,& mendorong kamu menjadi yang terbaik”

Dari seorang sahabat yang berada di negeri seberang juga menyampaikan kalau “sahabat sejati adalah sahabat yang selalu ada saat senang maupun susah” Definisi yang standart dan banyak orang yang mendefinisikan sama dengan hal ini.He..he afwan kak , iya to?

Tak lama kemudian ada sms masuk. Wuih..ada definisi yang lebih panjang dari seorang teman tanpa menyebutkan identitasnya, bahwa “sahabat sejati adalah orang yang paling memahami diri kita, dia da saat yang lain g bisa hadir dalam hati kita, dia adalah yang istimewa. Menemani hati kita dalam suka dan duka. Mau menerima segala kekurangan kita. Bersahabat atas dasar keikhlasan, ketulusan, kasih sayang, tolong-menolong dan pengorbanan. Saling mendukung, Saling membela, saling mengingatkandan tidak menyakiti”

Sepakatkah Anda dengan pernyataan sahabat diatas?
Atau punya definisi tersendiri??
Terlepas dari sepakat atau tidak. Kalau kita cermati, yang namanya sahabat sejati adalah cermin bagi sahabatnya, dia mampu melihat kekurangan tanpa harus memberitahukan pada yang lain (menyimpan aib saudaranya) dan bisa mengingatkan untuk bisa selalu memperbaiki diri. Sama halnya dengan diriku aku juga mempunyai banyak sahabat, tapi akupun tak mampu menggolongkan apakah dia semua adalah sahabat sejatiku…..
Tentu! aku pernah mempunyai sahabat dalam hidupku, dan aku tak mau itu hanya akan menjadi masa laluku. Sebuah persahabatan yang dijalin karena-Nya, memang akan sangat terasa manis karena kita paham bahwa persahabatan yang kita jalin berlandaskan sunnah Rasululloh, bahwa ;
“ Tidak sempurna iman seseorang diantara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”( HR: Bukhari dan Muslim).
&
“Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, menolak karena Allah, maka imannya telah sempurna” (HR Ashabus Sunan)

Yah Dengan dasar Cinta Karena mengharap ridho-Nya inilah seseorang mampu melihat dengan mata hatinya untuk tidak ridho melihat sahabatnya ada cela sedikitpun, mengajak dalam kebaikan selalu dan menjauhkan dari kemaksiatan.

Teruntuk sahabatku semua…ana ukhibuki fillah ukhty….cintaku memang tak terbatas ucapan lisan. Buat teman-teman Gank Genius SMA N 1 Gemolong ( Ret, Eno, Ri2n, Fitri, Kusni, Endah ) Keep our Friendship, semoga kelak kita dikumpulkan dijannah-Nya. Sungguh di setiap masa kita harus punya sejarah yang harus dicatat dalam diary persahabatan kita. Semoga acara kita di Tawang Wangu kemrin mendapat ridho-Nya…

Hanya do’a rabithoh yang selalu terhatur untukmu sahabat…
“ Ya Allah, Engkau tahu bahwa hati ini
Telah berhimpun dalam kecintaan kepada-Mu,
Telah berjumpa dalam menaati-Mu
Telah bersatu dalam dakwah kepada-Mu,
Telah terjalin dalam membela syariat-Mu.
Maka teguhkanlah, Ya Allah, ikatannya, kekalkan kasih sayangnya,
Tunjukilah jalan-jalannya, penuhilah hati itu dengan cahayaMu yang tidak pernah sirna,
Lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman kepada-Mu
dan indahnya kepasrahan kepada-Mu,
hidupkanlah ia dengan berma’rifah kepada-Mu,
dan matikanlah ia di atas kesyahidan dijalan-Mu”



1 komentar:

1399-1405 mengatakan...

Assalamu'alaikum,

Afwan saya jadi sering mendatangi dan mengcopy blog ini.
saya suka bahasa yang di bahas cukup ringan dan menggugah semangat.
Syukron Alhamdulillah isi blog disini bisa membantu saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman muslimah saya.

sekali lagi afwan... afwan jiddan, salam kenal persahabatan sesama muslim dari saya dan keluarga.

"Keep Istiqomah"
http://www.agungrom.blogspot.com
email: agung1405@gmail.com

Poskan Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com