; .: SePEnGgAL Kis4H :.: ASIMTOT ;
Ikuti Terus ya Jejak Petualangan KHEISYA!!!

Minggu, 19 Oktober 2008

ASIMTOT

Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi Sragen
18 Oktober 2008
16.30 WIB


Alhamdulillahirabbil ‘alamin atas kemudahan-Nya akhirnya bisa membersamai adek-adek matematika 2008 untuk mengadakan ASIMTOT [ Aplikasi Ilmu Matematika dan Pelantikan Anggota Aktif Himatika ] HIMATIKA, asimtot ke-4 yang kuikuti selama masuk di jurusan matematika FMIPA UNS. Hal ini sudah menjadi tradisi yang turun temurun dari kakak-kakak tingkat sebelumnya untuk selalu hadir dalam acara ini di setiap tahunnya. Dan forum inilah yang biasa digunakan untuk sekalian temu alumni anak-anak matematika juga.
Sore kemarin, sekitar pukul 16.30 WIB saya dan ukhti ria, dan dek desi (mat’06) berangkat dari solo dengan bersepada motor. Memang kami sengaja mendahului dari rombongan yang lain, karena kami mempunyai amanah untuk mengisi acara ba’da maghrib, dari sie kerohanian. Mendampingi adek-adek sekedar al Ma’tsurat, tilawah, tausyah sampai sharing. Jadi harus mengejar waktu untuk datang tepat waktu. Jalan Solo-sragen memang sangat rawan kecelakaan karena selain jalannya yang sempit juga berlobang, apalagi kalau malam lampu penerangan jalan kurang begitu memadai. Jadi kami memilih untuk antisipasi sebelum hujan datang juga. Alhamdulillah tanpa nyasar seperti biasanya kami sampai di buper ki ageng srenggi tepat waktu adzan berkumandang.
Setelah itu seperti perencanaan di awal, waktu ba’da maghrib sampai isya’ adalah acara rohani. Setelah selesai dilanjutkan dengan acara evaluasi. Acara ini biasanya acara yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama sie acara dan kakak-kakak alumni untuk bisa menyalurkan bakatnya untuk mengevaluasi adek-adek. Tak ada manusia yang sempurna, begitulah kata bijak yang mungkin pantas terlontar untuk adek-adek maru (mahasiswa baru) kali ini. Memang tak ada satupun maru yang memperoleh skor 100 dari tugas-tugas yang telah diberikan panitia. Itu berarti setiap orang mempunyai kesalahan. Entah itu buku kenal yang sering banyak yang palsu TTD, cocard yang tidak sesuai dengan intruksi panitia, dan ketidakkompakan angkatan. Dan alasan itu yang sering dijadikan panitia untuk bisa mengevalausi mereka.
Banyak adek-adek yang berjatuhan pingsan, karena mental yang tidak siap untuk dievaluasi. Dan ini tentunya memberikan pekerjaan tim KSR yang sengaja didatangkan oleh panitia. Hampir 10-an lebih adek-adek yang diistirahatkan di tempat istirahat. Evaluasi memang cukup alot, hingga hampir jam 23.00 WIB baru selesai. Saya tidak tahu ending dari evaluasi seperti apa, karena saya memlihi mendampingi adek-adek yang pingsan. Dan lebih terjauhkan dari teriakan-teriakan yang membuat kuping panas. Tapi saya yakin, kata-kata itu dikeluarkan untuk kebaikan adek-adek maru semata, bukan semata-mata ajang penggojlokan.
Setelah acara evaluasi selesai adek-adek disuruh istirahat, karena ada acara besar yang sudah disiapkan oleh panitia yang juga membutuhkan tenaga ekstra yaitu “jurit malam”. Sekitar jam 00.30 WIB mereka kembali dibangunkan dengan sebuah suara sirine. Ada 17 pos yang dibentuk panitia untuk mereka lalui, baik pos utama maupun bayangan. Saya pernah mengalami perihal yang sama sekitar 3 tahun yang lalu, karena BAH ( nama sebelum ASIMTOT) juga dilaksanakan di srenggi sragen sini. Rute yang diberikan panitia memang bukanlah rute yang mudah, karena melewati tebing dan untuk menuruni medan tsb dengan menggunakan sebuah tambang yang sangat licin dan kita juga harus menyebrangi sungai. Apalagi ditambah dengan suara-suara aneh ala hantu yang dibuat-buat panitia dan juga hantu-hantuan, rasanya dulu juga takut beneran. Genggaman tangan kami tak pernah lepas, apalagi 1 kelompok Cuma 3 orang itupun akhwat semua, benar-benar momok bagi kami.
Untuk AISMTOT kali ini saya dapat bagian untuk menunggu di pos 3 ( bayangan ), kebetulan dipartnerkan ma ita d, dan betty. 3 akhwat semua. Tempatnya lumayan nyaman, g serem-serem banget. Karena kehabisan tikar, terpaksa kami menggunakan mantel sebagai alas. Hanya dengan sebuah penerangan senter, kami standy by di pos tersebut. Tugas kami bukan untuk menakut-nakuti tetapi untuk meluruskan jalan kalau mereka ada indikasi nyasar. Alhamdulilalh…tak ada satupun yang nyasar. Sesekali saya ingin berbuat iseng, sebuah kayu saya pukul-pukulkan pada sebuah kayu juga, sehingga ada bunyi yang aneh. “ Ukh anti dengar suara orang memukul-mukul kayu nggak? Sebuah sms diterima betty dari pos 2. Membaca sms tsb kelihatan dia merasa ketakutan. Saya hanya tertawa, haha..ternyata panitia juga takut….Tak lama kemudian ada adek tingkat yang mendapat jatah di pos setelah saya, meghampiri pos saya dan memberitahukan ada hal aneh yang ia rasakan dan mendengar suara aneh setelah lewat daerah sekitar ana.” Mbak kamu dengar suara kresek-kresek..” tanyanya berbisik. “ Halah adek…Ni mbak ita ma mbak betty habis buka snack” Hehe..kamipun cengingisan tak jelas. “ ada-ada saja ya ta’” lanjut betty yang berada disebelahku.
Tak ada kegiatan yang berarti selama menunggu di pos 3, kecuali kami terlelap tidur. Sesekali terdengar suara adek-adek yang lewat melontarkan kata “ HIMATIKA” sebagai password mereka. Karena kami tidak punya kewajiban menjawab maka kamipun cuek saja. Berbeda dengan pos utama ketika mereka melontarkan kata “ HIMATIKA” dia harus menjawab “ YA IYALAH…”. Teman saya di pos 2 terkadang iseng juga dengan menjawab sekenanya saat HIMATIKA terlontar untuk mereka.
Kelompok terakhir lewat sekitar pukul 03.30 WIB, sehingga kamipun harus segera berbenah dan kembali ke buper. Karena sudah tak ada kelompok lagi yang perlu pengawasan. Sampai di buper sejenak istirahat sambil menunggu datangnya shalat shubuh.
Tak sampai acara selesai saya dan mbak anti harus meninggalkan bumi perkemahan ki Ageng Srenggi, karena teman yang memboncengkan saya ada acara. Berangkat dari sana pukul 05.30 WIB dan alhamdulillah sampai solo tepat jam 06.30 WIB, cukup singkat Cuma 1 jam dengan kecepatan 60 Km/jam. Terpaksa saya harus mendahului dari teman-temaku yang lain seperti ukh ria, ukh ticko, ukh kur2 dll. Ma’af kawan kami duluan…..dan afwan jiddan untuk ukhti ria, karena saya tidak bisa memboncengkan anti gentian.
Buat adek-adek matematika…..
Tetap semangat tetap jaga tali silaturrahiim antara kita.
Karena kita adalah keluarga yang utuh……
Semoga kedepan kita menjadi matematikawan yang bermanfaat.




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com