; .: SePEnGgAL Kis4H :.: .: Murah Namun Berharga :. ;
Ikuti Terus ya Jejak Petualangan KHEISYA!!!

Rabu, 01 September 2010

.: Murah Namun Berharga :.


Setelah nikah, hari-hariku tak luput dengan sayuran yang bernama bayam dan ikan laut (tongkol, ikan kembung, bandheng dll) plus sambel ala kheisya yang super hot :D sebagai menu paporit untuk menjamu lidah saya dan suami.

Sambel bikinanku pedesnya memang beda! ^^ pengen ketawa kalau lihat ekspresi suami kalau kepedesan dan kena sariawan..hoho makin manis aja :)


Sebenarnya ada kandungan apa sih dalam Bayam & Ikan Laut? Kok suami suka banget dengan menu tersebut!!! * sungguh mati aku jadi penasaran....hehe lebay.com*

Hal inilah yang membuatku tertarik untuk melakukan kajian lebih dalam terhadap 2 nama tersebut diatas. Akhirnya kutanyakan pada Mbah Google untuk menjawab rasa penasaranku, meskipun dulu pernah dipelajari waktu SMA, karena usia semakin bertambah ilmupun pada menguap entah kemana dan takut kurang valid, makanya ditanyakan pada sumbernya! Sebenarnya ada alasan yang mendasar dan itu so " urgent" menurut kaca mata pribadiku. pengen tahu itu apa? eits tapi nanti dulu deh saya ngasih penjelasannya, sebelum itu kita bedah dulu "all about BAYAM", penting nih ^^


.: Sejarah Bayam :.

Tak banyak orang yangg tahu sejarah bayam, beruntunglah Anda menemukan blog ini..minimal Anda sudah mengantongi jawaban jika anak cucu kalian tiba2 melontarkan pertanyaan tentang sejarah BAYAM? (mungkin saja lho pertanyaan ini muncul ^^)

1.1. Sejarah Singkat BAYAM
Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk keIndonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.

1.2. Sentra Penanaman
Pusat penanaman bayam di Indonesia adalah Jawa Barat (4.273 hektar), Jawa Tengah (3.479 hektar), dan Jawa Timur (3.022 hektar). Propinsi lainnya berada pada kisaran luas panen antara 13.0-2.376 hektar. DiIndonesia total luas panen bayam mencapai 31.981 hektar atau menempati urutan ke-11 dari 18 jenis sayuran komersial yang dibudidayakan dan dihasilkan olehIndonesia. Produk bayam nasional sebesar 72.369 ton atau rata-rata 22,63 kuintal per hektar.

1.3. Jenis Tanaman
Keluarga Amaranthaceae memiliki sekitar 60 genera, terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam (Grubben, 1976). Dalam kenyataan di lapangan, penggolongan jenis bayam dibedakan atas 2 macam, yaitu bayam liar dan bayam budidaya. Bayam liar dikenal 2 jenis, yaitu bayam tanah (A. blitum L.) dan bayam berduri (A. spinosus L.). Ciri utama bayam liar adalah batangnya berwarna merah dan daunnya kaku (kasap).

Jenis bayam budidaya dibedakan 2 macam, yaitu:

1.Bayam cabut atau bayam sekul alias bayam putih (A. tricolor L.). Ciri-ciri bayam cabut adalah memiliki batang berwarna kemerah-merahan atau hijau keputih-putihan, dan memilki bunga yang keluar dari ketiak cabang. Bayam cabut yang batangnya merah disebut bayam merah, sedangkan yang batangnya putih disebut bayam putih.
2.Bayam tahun, bayam skop atau bayam kakap (A. hybridus L.). Ciri-ciri bayam ini adalah memiliki daun lebar-lebar, yang dibedakan atas 2 spesies yaitu:


1.4. Manfaat Tanaman (sengaja di cetak tebal dan dikasih warna merah, biar menancap dalam ingatan kita)
  • Bayam merupakan bahan sayuran daun yang bergizi tinggi dan digemari oleh semua lapisan masyarakat. Daun bayam dapat dibuat berbagai sayur mayur, bahkan disajikan sebagai hidangan mewah (elit). Di beberapa negara berkembang bayam dipromosikan sebagai sumber protein nabati, karena berfungsi ganda bagi pemenuhan kebutuhan gizi maupun pelayanan kesehatan masyarakat.
  • Manfaat lainnya adalah sebagai bahan obat tradisional, dan juga untuk kecantikan. Akar bayam merah dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit disentri. Daun dan bunga bayam duri berkhasiat untuk mengobati penyakit asma dan eksim. Bahkan sampai batas tertentu, bayam dapat mengatasi berbagai jenis penyakit dalam. Untuk tujuan pengobatan luar, bayam dapat dijadikan bahan kosmetik (kecantikan). Biji bayam digunakan untuk bahan makanan dan obat-obatan. Biji bayam dapat dimanfaatkan sebagai pencampur penyeling terigu dalam pembuatan roti atau dibuat bubur biji bayam. Ekstrak biji bayam berkhasiat sebagai obat keputihan dan pendarahan yang berlebihan pada wanita yang sedang haid.
  • Daun bayam kaya dengan nutrisi, salah satunya adalah zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel-sel darah merah. Menyantap sayur bayam sama artinya dengan melindungi diri dari gejala-gejala penyakit kurang darah yang membuat tubuh menjadi lemas/loyo.
  • Bayam juga direkomendasikan untuk ibu hamil, kenapa??
  • bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi. maka tak heran jika ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui amat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur bayam…perlunya untuk membentuk hemoglobin. jadi ibu dan bayi dijamin takkan kekurangan darah jika asupan zat besinya mencukupi. tak apa-apa kalau selama hamil jadi seperti popeye yang gemar bayam.
  • Daun bayam mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi gangguan ginjal dan organ pencernaan yang bermasalah seperti mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.
  • Daun bayam mengandung nutrisi yang berfungsi menurunkan kolesterol, gula darah, melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.
Selain itu bayam juga bisa digunakan sebagai bahan obat :

Khasiat Bayam sebagai Obat (sumber :coneqtique)
  • Untuk mengatasi Penyakit Kurang Darah
  • Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian saring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung ke dalam air daun bayam. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh.
  • Untuk Memperkuat Akar Rambut
  • Ambil 1 ikat daun dan batang bayam segar, cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh. Aduk rata, peras dan saring airnya, minum sekaligus dan minum 2-3 kali sehari.
  • Untuk mengatasi Penyakit Kuning
  • Masaklah daun bayam bersama daging cumi-cumi dan dimakan selama beberapa hari.
  • Khasiat Bayam Duri sebagai Obat
  • • Mengatasi Sakit Gigi
  • Ambil akar daun bayam duri seperlunya, cuci bersih lalu kunyah. Buang setelah akar lumat.
  • Melancarkan produksi ASI
  • Ambil satu batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, kemudian balurkan pada payudara dan lakukan 3-4 kali sehari sampai ASI lancar.
  • Meredakan Demam
  • Ambil segenggam daun dan batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu tumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. Tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis.
Weh baru tahu...khasiat Bayam keren juga yha? baru nyadar :D

Sebenarnya masih banyak kandungan bayam yang lainnya, rasanya penjelasan diatas sudah sangat cukup untuk menambah sesuatu yang belum kita tahu. bener kan mbakyu?

Alasan yang mendasar yang ingin kuketahui dari manfaat bayam yang dimakan suamiku ini adalah erat kaitannya dengan buah hatiku kelak. Masih menancap di ingatan tentang secuil ilmu yang kudapat waktu seminar pra nikah " HALF A DEEN" beberapa bulan yang lalu, di Fakultas Kedokteran UI. Melahirkan buah hati itu tak beda jauh dengan filosofinya orang menanam padi.

" Jika Anda menginginkan hasil panen yang bagus dan berkualitas, Anda harus menyiapkan bibit yang berkualitas, tanahnya pun harus disiangi, perairannya yang bagus dan jangan lupa diberi pupuk, begitu juga dengan melahirkan jika Anda menginginkan buah hati yang berkualitas Jagalah senantiasa kandungan gizi Anda Agar buah hatipun juga bagus dan berkualitas...."


Sebagai isteri, peran kita adalah mengingatkan suami dan menyediakan gizi yang seimbang untuk suami dan tentunya diri kita. Anda boleh mempersiapkan sedari dini! Agar kata " sudah terlambat" itu tak ada...

walau bayam sayuran yang sangat murah meriah, tetapi bayam kaya akan kandungan. jangan lupa sisipkan selalu "sayur bayam" dalam setiap hidangan Anda dirumah...Selamat mencoba ^^


Presented by:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com