; .: SePEnGgAL Kis4H :.: Sang pelari!!! Andakah? ;
Ikuti Terus ya Jejak Petualangan KHEISYA!!!

Kamis, 15 April 2010

Sang pelari!!! Andakah?



Sekelompok pelari akan berlomba, garis finish sudah jelas tergambar dalam benak mereka, hadiah yang mengiurkan pun sudah menanti mereka. Mereka tahu bahwa ini perlombaan demi kebaikan, kesungguh-sungguhan adalah salah satu faktor kemenangan. Latihan yang intensif dan teori-teori tentang teknik berlari yang benar telah masing-masing kuasai dan fahami, karena itupun salah satu kunci kemenangan.

Akhirnya, lomba pun dimulai, pistol start pun menyalak, maka serentak semua pelari itupun menghela tubuh mereka dan berusaha berlari sekencang-kencangnya, tatapan mereka tajam, fokus ke depan, garis finish tertera jelas di bayangan bola mata mereka, lawan disamping kiri maupun kanan seolah-olah terlupakan. Namun, pada saat lomba itu sedang berlangsung, ada sesuatu yang lain, ada satu pelari yang begitu sibuk untuk membetulkan cara berlari lawan tandingnya, dia menegur ke kiri, ke depan, ke kanan bahkan ke belakang, untuk menjelaskan bagaimana cara berlari yang benar. Dia lupa bahwa lawan tandingnya itu adalah orang-orang yang telah terlatih dan mengetahui konsep dan teknik untuk berlari. Dia lupa akan hal itu, bahkan dia lupa bahwa saat itu dia sedang berlomba.

Sementara si pelari “sibuk” itu semakin asyik dengan kegiatan tegur-menegurnya itu, para lawan-lawannya justru semakin fokus berlarinya. Akhirnya, para lawan tanding itu terlebih dahulu menyentuh garis finish. Lalu bagaimana nasib sang pelari “sibuk”, dia kebingungan karena lawan tandingnya sudah mencapai garis finish lebih dahulu, sementara dirinya tertinggal jauh dibelakang.

“ Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[421] terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, (QS.5 : 48)

Fokus dalam ber’amal adalah suatu kemestian. Kita semua adalah bagian dari satu sistem dakwah yang besar. Perhatian kita pada ‘amal-amal yang sedang kita laksanakan janganlah sampai melencengkan kita dari agenda besar dakwah yang telah ditetapkan. Ada keterkaitan diantaranya. Keterkaitan tersebut menjadikan kita berusaha mensinkronkan antara apa yang kita lakukan dengan agenda dakwah tersebut. Karenanya kita berusaha menjauh dari titik-titik yang akan menghambat pencapaian agenda-agenda tersebut, karenanya kita tidak akan membuang secara mubazir sumber daya yang kita miliki hanya untuk melakukan kerja-kerja dakwah yang tidak efisien.

Semangat untuk berkompetisi ‘amal kebajikan dalam bingkai ukhuwah, terus menerus ditumbuhkan seiring dengan semakin kayanya kita akan berbagai khazanah pemikiran, wacana ataupun teori, karena itulah yang memberdayakan dakwah dan akan lebih terasa hasilnya. Semangat berkompetisi ini tidak hanya ditumbuhkan dikalangan kita saja. Tapi juga sikap ini juga harus muncul ketika kita berada dilapangan dakwah bersama gerakan/jama’ah dakwah lain yang juga sama-sama mengusung misi kebaikan.

Marilah kita raih kelezatan ‘amaliyah setelah sebelumnya kita menikmati kelezatan ‘ilmiyah. Janganlah kau batasi dirimu.


SELAMAT BERKOMPETISI!!!!
SEMOGA KITALAH PARA PEMENANGNYA....




0 komentar:

Poskan Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com