; .: SePEnGgAL Kis4H :.: Jika Kau cinta Maka Buktikanlah!!! ;
Ikuti Terus ya Jejak Petualangan KHEISYA!!!

Jumat, 14 Agustus 2009

Jika Kau cinta Maka Buktikanlah!!!


Kajian Jum’at Pagi
Masjid Nurul Huda
Universitas Sebelas Maret Surakarta

By ustadz Tamim Aziz

Bismillahirrahmanirrahiim….

Matan Thahawiyyah : 199

“Dan mencintai mereka ( para sahabat Rasulullah SAW) adalah sebagian dari agama, keimanan, dan ihsan sedangkan membenci mereka (para sahabat Rasulullah SAW) adalah tindakan kekufuran, kemunafikan, dan melampui batas”.
Penjelasan :
• Mencintai sahabat Rasulullah SAW adalah bagian dari agama islam karena Allah menganjung dan memuji mereka  membenarkan berita Allah adalah bagian dari Islam. Karena Allah mewajibkan loyalitas (wala’) kepada sesama orang beriman  Cinta sahabat Rasulullah SAW adalah bentuk loyalitas pada mereka.
• Mencintai sahabat Rasulullah SAW adalah bagian dari keimanan, karena mewajibkan hal tersebut  apa yang diwajibkan oleh Allah SWT merupakan cabang iman. Kebaikan-kebaikan adalah cabang dari iman, sifat malupun adalah bagian dari iman menyingkirkan duri dari jalanpun adalah bagian dari iman.
• Mencintai sahabat Rasulullah SAW adalah bagian dari Ihsan karena mencintai para sahabat Rasulullah SAW berarti melakukan kewajiban dan taqarrub kepada Allah SWT ini merupakan bentuk dari ihsan.
• Membenci sahabat Rasulullah SAW adalah bentuk kefuturan jika kebencian ini karena agama  kufur besar. Jika kebencian ini karena dunia  kufur kecil
• Membenci sahabat Rasulullah SAW adalah bentuk kemunafikan karena orang-orang munafik pada masa Rasulullah SAW membenci para sahabat dan memberikan loyalitasnya pada orang-orang kafir.
• Membenci sahabat Rasulullah SAW adalah bentuk melampui batas karena Allah SWT memerintahkan cinta kepada para sahabat  orang yang menyalahi hal ini adalah yang melampui batas.
Firman Allah SWT :
1. QS At Taubah :100
2. QS Al Hadiid :10
Terkait dengan loyalitas :
1. At Taubah 71
2. At Taubah 67
3. Al Hasyr :10

Hadits :
Hadits 1
“ Sebaik-baik kalian adalah masaku, kemudian yang setelahnya, kemudian yang setelahnya”
( HR. Bukhari Muslim)

Hadits 2

“ Jangnlah kalian mencela sahabat-sahabatku, sungguh jika ada yang salah seorang menginfakkan emas sebesar bukit uhud, hal itu tidak sebanding dengan satu *mud yang mereka infakkan dan tidak pula separuhnya”
(HR. Bukhari Muslim)
( * =1 cakupan dg 2 tangan)
Hadits 3

“ Dari annas bin malik dari Nabi SAW beliau bersabda tiada keimanan adalah mencintai kaum anshar, dan tiada kemunafikan adalah membenci kaum anshar”
( HR. Bukhari)





Pelajaran penting yang dapat diambil dari matan diatas :
1. Memberikan penilaian positif terhadap para sahabat Rasulullah SAW, Allah menyanjung dan memuji mereka, demikian juga Rasulullah SAW.
2. Memberikan loyalitas dan pembelaan kepada para sahabat Rasulullah SAW loyalitas orang beriman adalah milik Allah, Rasulullah SAW dan orang-orang beriman
3. Mengambil teladan dan pelajaran dari para sahabat Rasulullah SAW umat ini tidak akan baik kecuali dengan apa yang menjadikan pendahulunya baik.

Semoga bermanfaat !
Jika Kau Cinta Maka Buktikanlah....

Diambil dari catatan kheisya illiyyana jadiid
Kajian Jum’at Pagi NH



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com